Mengapa Pasang Ban/Pita Hitam “PRIHATIN” ?

prihatinCENGKARENG, SIPERKASACGK. Dalam rangka konsolidasi Pengurus Ranting SPCGK dengan melihat kondisi perusahaan akhir-akhir ini pasca selesainya Perundingan PKB Jilid 2 yang kembali pending untuk ditanda tangani kedua belah pihak, maka Pengurus SP Cabang Cengkareng mengadakan Rapat Ranting tersebut pada hari Kamis 11 Desember 2014 pukul 14:00 wib hingga pukul 16:00 wib bertempat di Ruang Training Terminal D lantai 3.

IMG_20141211_143257Rapat yang dihadiri Pengurus Ranting CGK sekitar 30 orang dari berbagai unit ini, dihadiri pula Pengurus Siperkasa Pusat yaitu Ketua Umum Edi Lesmana, Sekjend Romi Fahjana, Bendahara Umum R.M. Arief Mulyana, Korbid Hukum Agus Rustamsyah, serta hadir pula Ketua SP Pergudangan Saudih Jaidih.

Dalam pembukaannya Ketua SP Cengkareng Arief Supriyadi menyampaikan hasil Perundingan PKB jilid 2 di Malang yang secara umum berjalan dengan sukses meskipun ada items yang masih pending yang akan dibawa tim perunding manajemen ke Direksi (baca artikel sebelumnya). Namun hingga tulisan ini dibuat, Manajemen dalam hal ini Direksi belum dapat menerima hasil perundingan tersebut dikarenakan ada satu item yang belum bisa diterima SP saat ini, yaitu perihal Masa Persiapan Pensiun (MPP). IMG_20141205_104449

Arief juga menjelaskan mengapa Ketum mengajak para karyawan atau anggota SP untuk mengganti Profile Picture (PP) Blackberry Messanger (BBM) dengan gambar “Solidarity Forever” sebagai bentuk keprihatinan awal dari respon SP terhadap keputusan Direksi yang membuat PKB menjadi deadlock kembali. Padahal sebelumnya Direksi berharap PKB Gapura dapat segera diselesaikan menimbang PKB Garuda Indonesia sudah ditanda tangani lebih dahulu.

Cukup banyak respon karyawan untuk merubah PP BBM mereka. Dijelaskan oleh Arief bahwasanya PP dapat menjadi barometer kekompakan karyawan terhadap reaksi atas tertundanya PKB yang sudah sekian lama dinanti-nanti. Hasil PKB tersebut sudah banyak diketahui oleh karyawan yang menjadikan mereka gembira dan menambah semangat  dalam bekerja. Namun dengan tertundanya penanda tanganan PKB tersebut menjadi kekecewaan di kalangan karyawan yang hanya gara-gara perihal MPP. IMG_20141211_143218

Ketum Siperkasa Edi Lesmana menguraikan mengapa SP Pusat mengajak karyawan yang merupakan anggota SP untuk siap-siap melakukan pemakaian Pita Hitam “PRIHATIN” pada tanggal 15 Desember nanti. Perihal MPP yang sudah dijelaskan Ketua SP CGK, Edi menambahkan bahwa beliau berjuang bukan untuk segelintir orang, namun untuk semua karyawan. Edi menyampaikan pemakaian pita hitam ini merupakan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan dalam kritikannya ke manajemen.

Ajakan untuk dialog sudah disampaikan ke Direksi, bahkan sudah sampai ke level Komisaris, namun bukannya direspon positif justru ditanggapi negatif dan menambah hubungan industrial antara Serikat dan Manajemen semakin jauh.

Selain karena pending-nya PKB, Ketum sampaikan beberapa pelanggaran PKB yang dilakukan oleh manajemen, diantaranya mengangkat orang menempati jabatan tanpa melalui Dewan Jabatan dan seleksi internal (pasal 19,20,21,22,30), Incentive karyawan setiap semester atau Sistem Manajemen Kinerja (SMK) yang tidak pernah dijalankan (pasal 31), Kompensasi atas seragam yang terlambat diberikan (pasal 88). Selain pelanggaran dalam PKB, Manajemen juga dianggap melanggar ketentuan RUPS terhadap fasilitas mobil dinas yang sudah diintruksikan Pemegang Saham.

Untuk itu Siperkasa mengajak para anggotanya untuk melakukan pemakaian Pita Hitam mulai tanggal 15 Desember 2014 hingga ada respon yang baik dari Manajemen terhadap hal ini. Jika ada pertanyaan dari pihak luar atas aksi ini, Edi menyarankan kepada anggotanya untuk katakan bahwa ada permasalahan internal antara serikat dan manajemen. Di akhir penjelasannya, Edi sampaikan bahwa aksi ini bukan demonstrasi, karyawan tetap diminta melakukan aktivitas rutin sebagaimana biasa dengan tetap mengedepankan pelayanan dalam operasional di lapangan dan back office.

Pertemuan dengan DZ perihal pendingnya PKB

Pertemuan dengan DZ perihal pendingnya PKB bersama SP Pusat, CGK, CGO, DPS, SUB, KNO, JOG yang dinyatakan deadlock oleh DZ

This entry was posted in Info Siperkasa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *