Rekomendasi Rakernas XV

SP NEWS – Jakarta. Hasil dari diadakannya Rakernas Siperkasa yaitu dikeluarkannya rekomendasi atau usulan yang terhimpun dalam bahasan setiap komisi atau kelompok kerja yang kemudian diplenokan. Kelompok Kerja tersebut terbagi menjadi tiga kelompok,yaitu kelompok I  yang membahas Perjanjian Kerja Bersama (PKB), kelompok II membahas permasalahan cabang dan kelompok III membahas program kerja Siperkasa.

Setelah diplenokan bersama untuk mencapai mufakat atas rekomendasi atau usulan rakernas, kemudian oleh Pengurus Pusat Siperkasa dibuat menjadi Surat Keputusan Rakernas tentang Rekomendasi Rakernas yang ditandatangani oleh pimpinan rapat yaitu Syukri sebagai ketua, Arief Supriyadi sebagai wakil ketua I dan RM Arief Mulyana sebagai wakil ketua II.

Adapun rekomendasi tersebut dapat dilihat disini.

This entry was posted in Info Siperkasa. Bookmark the permalink.

4 Responses to Rekomendasi Rakernas XV

  1. indra heru murti says:

    Selamat malam,
    Semangat pagiii Siperkasa…

    Semoga semua peserta Rakernas diberikan kesehatan dan kelancaran dalam memberikan yang terbaik dan menjalankan mandat yang diberikan/dititipkan oleh rakyat negara Siperkasa dimanapun berada.

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Salam Sejahtera
    Semoga semua di dalam rahmatNya

    Sebagai rakyat saya sungguh berharap pengurus yang mendapat kepercayaan dari rakyat ini dapat lebih lincah dan berbeda dari sebelumnya. (Jangan cuma di amini karena masih belum greget).
    Sudah berapa tahun ya, tapi kesan yang saya dapat sementara baru berupa rutinitas atau semacam absensi dari semua agenda yang sepertinya harus berjalan.

    Dari rakernas tahun lalu, masih terdapat usulan-usulan yang belum ‘Done’. Kalo nggak done plan B-nya opo.

    Oh ya, sebelum lupa saya sampaikan salut dan terima kasih kepada Siperkasa cabang KP Kemayoran, dgn sudah terselenggaranya Rakercab di Kantor Pusat. Jempol, karena memang kita tidak perlu menghambur2kan duit untuk spy bisa rapat di hotel atau di suatu pulau nun jauh di sana…
    Yang penting isi bukan kemasan. Sampai integritas tercipta, artinya rakyat paham dan dewasa menyikapi inti dari suatu serikat. Bukan gembar gembor noncent nggak ono hasile. Suwun Cak Akhyar, next gitu lagi aja Cak…sampai semua paham dan tidak mengeluh bahkan merengek untuk mencari kemasan yang indah tapi isinya kopong.

    Sebagai rakyat yang punya saham di negara Siperkasa, adalah sangat wajar bila saya tanya lagi…kok masih nggak (berani) transparan ya penggunaan dana rakyatnya…nggo opo ae rek…
    Kalah karo perkumpulan RT/RW…
    Saya cek juga cuma sampe bulan Maret kalo nggak salah itupun tahun gemblung udah lewat lama. (Jadi ya jangan cari2 alasan lagi…wis bosen…). Actionnya mana…alias janji untuk menyampekan itu…

    Saya pikir itu dulu untuk edisi malam ini. Kalo kata orang Malang (kebetulan saya Arema)…jgn sakit hati ya… begini kata saya,”Ojok kakean cangkem…buktine ae rekk…” (jangan banyak omong, buktinya aja Bro).

    Jangan sampe timbul rasa tidak percaya dari rakyat kepada pengurus negara serikat ini. Kalo mau berbeda…harus melakukan sesuatu yang beda…

    Sudah gitu aja dulu, besok sambung lagi di edisi yang berbeda.

    Selamat malam
    Wasalamualaikum.Wr.Wb
    Indra Heru Murti
    Unit Operasi Kantor Pusat

  2. siperkasapusat says:

    Semangat pagi Pak Indra Heru Murti

    Pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas komentar yang disampaikan berupa masukan atau kritikan terhadap Siperkasa (SP) yang kami anggap Anda sebagai anggota telah perhatian dan peduli terhadap organisasi pekerja ini.

    Kami yakin para karyawan baik yang anggota SP maupun tidak, masing-masing ada memiliki pandangan negatif dan positif terhadap serikat Gapura. Dan hal tersebut kami maklumi.

    Menanggapi kritikan Anda di atas dapat kami sampaikan sbb:
    1. Bahwa Siperkasa telah membuka jalur informasi melalui website ini untuk menyampaikan informasi atas kegiatan yang dilakukan, meskipun kadang late-post karena kesibukan redaksi. Seperti hasil Rakernas, Munas, Perundingan PKB dan lainnya. Sehingga informasi dalam artikel yang diposting dapat diketahui bersama hasil dari raker tsb.
    Walaupun ada juga yang tidak terposting yakni kritikan atau masukan Siperkasa kepada Manajemen dalam perjalanannya membuat kebijakan perusahaan yang menyangkut kesejahteraan anggota.
    Prinsip yang kami kedepankan adalah kesejahteraan untuk semua karyawan meskipun bukan anggota SP, baik staff maupun struktural.

    2. Mengenai agenda rakernas lalu belum DONE, memang ada beberapa poin yang menjadi perhatian bersama yakni laporan keuangan dan kartu anggota. Kami mengakui hal tsb dan mohon maaf atas keterlambatannya. Laporan tsb akan diselesaikan dan dipublish segera.

    3. Mengapa SP mengadakan raker di luar kantor?
    Selaku organisasi serikat yang ada karena adanya perusahaan, kami pun tetap memikirkan kondisi keuangan perusahaan, namun dalam raker kami juga memikirkan untuk kemajuan perusahaan yang berujung kepada kesejahteraan anggota, yang juga dinikmati non anggota.
    Tidak ada ketentuan atau keharusan mengadakan raker di kantor. Beberapa raker cabang, diadakan di kantor dan dilakukan di malam hari setelah operasional, sama halnya di KMO.
    Beberapa hal kenapa raker diadakan di luar kantor atau daerah :
    a. Kapasitas ruangan tidak cukup, seperti cabang CGK apalagi rakernas.
    b. Raker berjalan fokus tanpa terganggu peserta ijin keluar masuk ruangan karena urusan kantor.
    c. Agar pengurus serikat juga bisa mengunjungi cabang lainnya untuk melihat kondisi operasional dan mengambil pelajaran (studi banding).
    d. Gapura memiliki lebih dari 40 cabang + perwakilan, yang mereka juga ingin diperhatikan dan dilihat kondisi cabangnya. Makna kunjungan kami pun bisa mewakili manajemen pusat serta support pengurus SP Nasional kepada cabang tersebut yang kondisi bandara dan kota nya sangat berbeda dengan cabang besar. Inilah yang kami sebut VALUE atau NILAI. Bukan sekedar materi yang dilihat. Namun ada makna solidaritas sesama cabang Gapura untuk saling sinergi dan berbuat untuk kemajuan perusahaan.

    Prinsipnya dalam raker/nas berisi evaluasi dan merencanakan program, share informasi, update info kondisi perusahaan dari manajemen serta peningkatan wawasan dengan pelatihan.

    3. Apa yang dihasilkan raker?
    Kami mohon maaf jika ada pengurus SP tidak bisa menjelaskan hasil raker/nas sebagaimana yang Pak Indra alami. Untuk itulah adanya website SP ini, hasil rakernas, bipartit, perundingan2 lainnya kami share di sini.
    Hasil raker itu adalah program. Program yang akan dijalankan oleh pengurus SP.

    Sambil berjalan waktu dari program tersebut, sebetulnya banyak yang sudah diperjuangkan serikat dan dinikmati oleh semua karyawan. Sebelumnya pernah kami posting di website ini tentang apa yang sudah diterima oleh karyawan dari hasil sebagian perjuangan SP, bisa lihat kembali di https://www.siperkasa.org/2015/05/09/iuran-siperkasa-naik-500-persen-masalah/

    Jika harapannya hasil raker adalah naik gaji, keluar bonus atau tunjangan lainnya, maka pandangan tersebut adalah keliru. Program dari hasil raker itulah yang akan dibawa pada perundingan PKB, pertemuan bipartit atau sarana lainnya untuk kesejahteraan bersama.

    Apakah Anda mengira kesejahteraan yang diterima adalah pemberian direksi?
    Setiap kesejahteraan adalah hasil pengajuan SP baik dalam negosiasi damai maupun harus dengan aksi, khususnya terkait masalah pengadaan GSE.

    Perjuangan peningkatan kesejahteraan tidak hanya diberikan kepada level staff saja, namun level pejabat pun diperjuangkan di antaranya away from home, fasilitas rumah dinas, lembur bagi struktural, dan lainnya.

    Selain kesejahteraan yang didapat dari hasil perjuangan SP dalam artikel tersebut, yang masih hangat baru-baru ini hasil perjuangan SP adalah keluarnya bonus dan perubahan status kepegawaian.

    Tidak serta merta bonus tiba-tiba keluar pada saat ultah Gapura. Namun beberapa hari sebelumnya SP telah menyurati Direksi untuk pemberian bonus meskipun tidak ditanggapinya. Sehingga disayangkan pemberian bonus besaran nilainya tidak dibicarakan dengan SP sebagaimana dalam PKB.

    Dan dihapuskannya PKWT dengan diangkat menjadi pegawai tetap adalah tuntutan SP yang selalu disuarakan dalam setiap perundingan. Meskipun SP mengingatkan mengenai comply undang-undang namun tetap memperhatikan kemampuan perusahaan.

    Tuntutan atau perjuangan SP dari hasil raker pun tidak serta merta dikabulkan oleh manajemen. Terkadang menunggu proses waktu yang panjang. Namun tetap selalu disuarakan oleh SP.

    Akhirnya janganlah kita melihat hasil perjuangan SP untuk diri kita sendiri, namun lihatlah untuk seluruh karyawan perusahaan baik pegawai maupun OS. Soliditas (kekompakan) dan Solidaritas (saling menghargai) harus tetap terjaga sesama pekerja perusahaan demi kemajuan dan kesejahteraan kita semua.

    Salam Solidaritas

  3. Indra Heru Murti says:

    Selamat siang Siperkasa,

    Terima kasih sebelumnya atas feedback-nya.

    Terkait point-point bagaimana SP berjuang untuk menyelesaikan masalah-masalah dengan manajemen silahkan dilanjutkan dan tentunya dengan batasan waktu yang jelas. Saya tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

    Point raker yang dilaksanakan di kantor adalah seperti rakercab atau dalam lingkup terbatas dan tidak melibatkan nasional, artinya masing-masing cabang hendaknya bisa mensupport pengendalian biaya dengan mengadakan rapat di lingkungan kantor. Namun terlepas daripada itu, masing-masing dari cabang punya hak untuk mengadakannya bagaimana dan dimana. Yang saya sampaikan adalah salut kepada cabang KMO yang sudah menyelenggarakan di ruang rapat kantor.

    Kesejahteraan berasal darimana, tidak perlu dikira-kira. Saya sudah sangat mengetahui bagaimana hal tersebut diproses di dalam perusahaan tempat kita semua bekerja.

    Saya akan sampaikan lagi kalimat saya pada penyampaian saya sebelumnya :
    Sebagai rakyat yang punya saham di negara Siperkasa, adalah sangat wajar bila saya tanya lagi…kok masih nggak (berani) transparan ya penggunaan dana rakyatnya…nggo opo ae rek…
    Kalah karo perkumpulan RT/RW…
    Saya cek juga cuma sampe bulan Maret kalo nggak salah itupun tahun gemblung udah lewat lama. (Jadi ya jangan cari2 alasan lagi…wis bosen…). Actionnya mana…alias janji untuk menyampekan itu…

    Dari tahun kemarin saya sudah menanyakan hal tersebut, namun sampai dengan sekarang belum jelas penggunaannya, bagaimana rinciannya. Saya tidak mempermasalahkan digunakan untuk apa asalkan jelas, rinci dan gamblang.
    Jadi lebih ke internal dari negara Siperkasa itu sendiri.

    Pengurus Siperkasa sendiri sudah menyampaikan di https://www.siperkasa.org/2015/05/09/iuran-siperkasa-naik-500-persen-masalah/
    Terdapat penyampaian sbb :
    Point b. Yang akan dilakukan Siperkasa ke depan, antara lain:
    1. Keuangan SP menjadi berbentuk semi mandiri, artinya yang selama ini semua kegiatan SP pembiayaannya sekitar 90% dari manajemen. Dengan iuran yang baru ini kegiatan SP didukung oleh para anggota kecuali event dan SPPD yang masih menjadi tanggungan manajemen.
    2. Memberikan santunan duka kematian Rp. 1.000.000,-
    3. Laporan keuangan SP akan dipublish per triwulan dengan media yang ada.
    4. Akan dibuat Kartu Tanda Anggota yang baru yang bisa menjadi kartu yang bermanfaat dengan kerjasama jaringan bisnis lain.

    Jadi bagaimana dengan point nomor tiga itu ya. Sampai sejauh ini yang saya lihat hanya laporan bulan januari-maret tahun 2017. Amanah tersebut harus Anda sampaikan, diluar tantangan Anda dalam menyelesaikan hal-hal yang menyangkut kemaslatan rakyat Siperkasa, karena itu memang sudah harus Anda jalankan dengan adanya amanah yang Anda emban sebagai pengurus. Kepercayaan rakyat harus Anda jaga. Pada point 1 juga disebutkan, … dengan iuran yang baru ini kegiatan SP didukung oleh para anggota…. , tentunya itu berhubungan dengan point nomor 3. Simple, tapi kalau dibiarkan berlarut akan menjadi kurang baik. Pesawat saja yang benda mati harus mengikuti hukum keseimbangan untuk membawa makhluk hidup dari satu tempat ke tempat lain dengan selamat.

    Cukup ini dulu yang saya sampaikan. Sekali lagi, ini tantangan Anda untuk menyeimbangkan internal dan eksternal Anda. Saya paham dan tahu bagaimana akselerasi eksternal Anda, tapi saya masih belum paham akselerasi internal Anda. Karena ada yang perlu Anda perhatikan…atau acuhkan.

    Salam,
    Indra Heru Murti
    Unit Operasi Kantor Pusat

  4. siperkasapusat says:

    Dear Pa Indra

    Selamat sore…
    Terimakasih atas keaktifanya dalam diskusi di sarana (web) SP. Kalo dapat kami simpulkan fokus Anda adalah pada laporan keuangan SP. Dan hal itu sudah kami terangkan di komentar kami tsb pada point 2, yakni:

    “2. Mengenai agenda rakernas lalu belum DONE, memang ada beberapa poin yang menjadi perhatian bersama yakni laporan keuangan dan kartu anggota. Kami mengakui hal tsb dan mohon maaf atas keterlambatannya. Laporan tsb akan diselesaikan dan dipublish segera.”

    Jadi mohon sedikit lagi bersabar, hal itu akan tiba pada saatnya.

    Samsol
    Pengurus Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *