Gapura Pesan 600 Alat Baru GSE untuk Bandara Soekarno-Hatta

d69d984e-4a8d-4ccd-9459-6cd32f6f5cd9_169 (2)Jakarta – Penumpang adalah raja. Itulah yang menjadi dasar bagi Gapura untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi para penggunanya. Tidak tanggung-tanggung, demi meningkatkan kualitas pelayanan itu, Gapura memesan 600 alat Ground Support Equipment (GSE) dari kedua negara yaitu Inggris dan Denmark. Untuk soft launching kali ini, sebanyak 300 alat GSE sudah hadir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Ini semua peralatan baru. Total keseluruhan yang kami pesan ada 600. Bedanya dengan yang lama semua ini menggunakan teknologi yang baru. Nanti image mengenai avisiasi bandara Indonesia bisa semakin baik,” kata Direktur Utama Gapura Agus Priyanto dalam sambutan di acara Soft Launching Gapura New Hi-Tech Ground Support Equipment di Terminal 2E, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/2/2016).

“Total hari ini 300 di fase pertama. Kedua nanti 300 lagi. Saat ini di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali juga rencananya akan didatangkan juga alat-alat GSE yang baru,” lanjutnya.

Usai acara, Dirut Gapura Agus Priyanto didampingi oleh Dubes Kerajaan Inggris untuk RI Moazzam Malik, Dubes Kerajaan Denmark untuk RI Casper Klynge, Direktur Operasi Garuda Indonesia Novianto Heru Pratomo, Kepala Otoritas Bandara I Musafar Ismail meninjau peralatan tersebut di apron Terminal 2E.

Dilanjutkan dengan pemecahan kendi oleh Dirut Gapura Agus Priyanto dengan Dubes Kerajaan Inggris untuk RI Moazzam Malik. Dan pemecahan kendi oleh Dirut Gapura Agus Priyanto dengan Dubes Kerajaan Denmark untuk RI Casper Klynge.

“Semoga semakin maju Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Dubes Kerajaan Inggris untuk RI Moazzam Malik usai pemecahan kendi.

Berikut 12 alat GSE yang telah diperbaharui oleh Gapura yaitu High Lift Loader (HLL), Baggage Towing Tractor (BTT), Belt Conveyor Loader (BCL), Incapacitated Passenger Loader (IPL), Ground Power Unit (GPU), Air Conditioning Unit (ACU), Air Starting Unit (ASR), Passenger Boarding Stairs (PBS), Aircraft Towing Tractor (ATW), Lavatory Service Truck (LST), Water Service Truck (WST), dan Bendibelt.

GSE bentuknya seperti mobil. GSE adalah peralatan untuk melayani pesawat terbang baik sebelum dan sesudah berangkat. GSE sendiri sangat mendukung operasi pesawat ketika berada di darat.

 

c97493af-ecc9-4089-b0c5-845406498cf2_169 (1)GSE hanya bisa ditemukan di bandara atau jalur area pelayanan terminal. Fungsi umum dari peralatan GSE yaitu meliputi ground power operations, aircraft mobility, dan loading operations (penumpang dan barang).Contohnya loading operations, bila biasanya memasukan barang ke bagasi pesawat masih diangkat menggunakan tangan (orang) selepas dibawa oleh mobil pengangkut barang. Dengan GSE yang baru ini maka memasukkan barang ke bagasi pesawat tidak perlu lagi dengan bantuan manusia, tetapi sudah dengan Baggage Towing Tractor (BTT).

 
Sumber: detik.com
This entry was posted in Info lainnya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *