Cara Siperkasa CGK merayakan HUT Gapura

IMG_20160130_091718SIPERKASACGK NEWS. Masih dalam rangka HUT Gapura Angkasa ke-18, yang mana Perusahaan tidak mengadakan gathering bersama karyawannya, Serikat Pekerja Gapura Angkasa (SIPERKASA) Cabang Cengkareng mengadakan aksi peduli SDM bersama-sama seluruh karyawan Gapura CGK baik yang status pegawai tetap, PKWT atau pun Outsourching (OS), baik anggota Serikat atau bukan anggota seperti halnya staff OS.

gasebuAksi peduli ini dinamakan GASEBU yaitu Gerakan Sepuluh Ribu. Ketua Siperkasa CGK, Arief Supriyadi mengatakan, “Kami menginisiasi gerakan ini karena melihat Perusahaan sepertinya tidak mengadakan perayaan hari ulang tahunnya. Sedangkan anggota (Siperkasa) berharap ada sesuatu buat menghibur mereka, apalagi di saat selepas peak season Nataru.” Arief yang juga bertugas sebagai Account Officer Thai Airways ini  mengajak teman-teman Pengurus SPCGK untuk melakukan suatu aksi peduli sesama rekan-rekan CGK. Dan aksi tersebut berupa mengadakan sarapan bersama Loading Master dan Porter.


Tujuan GASEBU

IMG-20160130-WA0016Menurut para Pengurus SPCGK, tujuan diadakan Gerakan Sepuluh Ribu ini untuk menumbuhkan kepedulian sesama karyawan Gapura tanpa membedakan status pegawai mereka. “Kami sekedar mengajak teman-teman karyawan Gapura CGK untuk menyisihkan sedikit dari penghasilan mereka sebesar 10.000 rupiah untuk solidaritas terhadap rekan lainnya. Bersifat sukarela, tanpa paksaan, agar terjalin kekompakan sesama insan Gapura” ujar Arief.

Mengapa Loading Master dan Porter?

IMG_20160130_080437

Proses layanan Gapura Angkasa, mulai dari proses penumpang datang ke airport hingga pesawat berangkat, maka unit Loading Master dan Porter inilah yang menjadi pilihan SPCGK dalam aksi peduli SDM ini. “Unit inilah (Loading Master dan Porter) yang kami anggap tugas yang paling berat secara fisik. Porter selalu mengangkat bagasi dan cargo baik yang ada di area bagasi untuk menaikkan ke dalam container atau gerobak atau menurunkan saat kedatangan (arrival), maupun di area sisi udara (apron) untuk menaikkan bagasi ke perut pesawat atau menurunkannya serta mendorong-dorong container dan pallet cargo baik dalam kondisi panas terik matahari maupun dinginnya malam bahkan musim hujan saat ini,” jelas
Ketua SPCGK.
porter1“Demikian pula Loading Master yang selalu mendampingi Porter dalam tugas tersebut dengan kondisi cuaca yang sama. Mereka adalah satu team, Porter tidak boleh bekerja tanpa instruksi Loading Master dan Loading Master tidak dapat menyelesaikan tugas tanpa bantuan Porter. Itulah mengapa kami undang mereka sebagai team yang satu dalam acara Sarapan Bersama,” tambah Arief.

******

Meskipun ide dadakan ini muncul tiga hari menjelang ulang tahun Gapura pada 26 Januari 2016, dan setelah diskusi internal grup Whatsapp Siperkasa CGK dan mendapat dukungan dari anggota grup, maka dipersiapkanlah segala sesuatunya secepat mungkin. Agar tidak jauh dari tanggal HUT Gapura, maka diadakanlah acara Sarapan Bersama ini pada hari Sabtu, 30 Januari 2016.

IMG_20160130_083926Dalam waktu 6 hari setelah dilaunchingnya GASEBU dengan poster pengumuman sejak 24 Januari melalui media whatsapp dan Milist SPCGK, bergeraklah para pengurus ranting dan anggota lainnya untuk menarik dana tersebut kepada rekan-rekannya di unit masing-masing.

Sungguh luar biasa respon dari para karyawan di CGK. Mereka bisa solid dalam hal solidaritas terhadap sesama rekan kerja. Terutama unit pasasi, mereka menyadari sering merepotkan Porter saat cancel penumpang dengan bagasi harus diturunkan dari pesawat dan dibawa naik kembali ke check-in counter, apalagi di saat sudah last minute pesawat hendak berangkat maka Loading Master dan Porter harus bergerak cepat menyelesaikannya. Sehingga dari dana yang terkumpul pun melebihi dari biaya yang dibutuhkan. Dan semuanya tercatat dan dilaporkan kepada para anggota atau karyawan.

******

Sabtu pagi yang cerah di tanggal 30 Januari 2016, acara sarapan bersama Loading Master, Porter dan SIPERKASA CGK pun berlangsung. Puluhan Loading Master dan perwakilan Porter termasuk dari terminal 1 C pun hadir untuk makan pagi bersama pengurus Siperkasa. Bahkan hadir pula Ketua Umum Siperkasa Edi Lesmana dan Sekretaris Jenderal Siperkasa Romi Fahjana.

12651186_10205926474020855_2451971926670324015_nDalam sambutan ketua Siperkasa CGK, Arief Supriyadi mengatakan bahwa acara ini untuk memperkokoh hubungan kerja sesama team. Karena Porter tidak boleh bekerja tanpa instruksi Loading Master, begitu pula Loading Master tidak bisa bekerja tanpa bantuan Porter. Arief mengucapkan terima kasih kepada semua karyawan dan struktural CGK yang telah mendukung event GASEBU ini baik secara moril maupun materil. Semoga saja nilai yang dianggap kecil ini menjadi dianggap besar di mata Allah jika niatnya ikhlas. Arief juga berharap GASEBU ini dapat dilaksanakan kembali ke depan, bisa saja sarapan bersama Porter dan Operator GSE, atau Cabin Cleaner dan Ramp, atau kegiatan sosial lainnya.

IMG_20160130_085435Ketua Umum Siperkasa, Edi Lesmana dalam sambutannya mengapresiasi acara ini sebagai kepedulian SP CGK terhadap anggota dan karyawan Gapura. Edi mengajak porter untuk bekerja dengan baik, di saat media berita sedang menyoroti pencurian bagasi namun di lain sisi kesejahteraannya tidak diperhatikan oleh media.

Sedangkan General Manager Gapura CGK, I Dewa Gede Mahayana memaparkan tentang business process di Gapura ibarat sebuah lingkaran (sambil menunjukkan piring mono-use), harus bagus di semua sisi nya, tidak boleh ada yang rusak (sambil merobek sisi piring) sehingga proses pelayanan menjadi buruk. Semua unit harus saling bekerja sama.

IMG-20160130-WA0025Di Sesi tanya jawab, Supervisor Baggage Handling Uu Wahyudi menyampaikan keluhannya lay-out area baggage yang panas karena pihak airport membuat ruang perkantoran sehingga menutup sirkulasi udara di area baggage handling, dan berharap setiap ada event perusahaan agar unit baggage handling diperhatikan, jangan seperti tidak dianggap.

Sedangkan pihak Loading Master meminta agar nilai lembur mereka disamakan dengan rekan-rekan yang di Ramp Handling maupun Operator GSE yang sama sebagai staff OS dan provider yang sama yakni PT. Provis.

Di akhir acara para Loading Master, Porter, Pengurus dan Ranting Siperkasa CGK, Pengurus Siperkasa Pusat dan GM CGK berpose photo bersama.IMG_20160130_092216

 

 

 

This entry was posted in Info Siperkasa. Bookmark the permalink.

One Response to Cara Siperkasa CGK merayakan HUT Gapura

  1. hari lutfi says:

    Selamat atas tersengaranya acara Gasebu, semoga bisa menjadi contoh di cabang-cabang yg lain.
    Kedekatan seluruh staff terutama porter dan loading master membuahkan tebalnya rasa cinta terhadap perusaan kita ini..
    Semoga Siperkasa tambah Jaya…….aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *