Tahun Baru, PKB Baru, Semangat Kerja Baru

279631_ilustrasi-menghadapi-tahun-2015-_663_382 logo SP Logo GP png

CENGKARENG, SIPERKASACGK. Pepatah bilang “Time is Money (waktu adalah uang), waktu ibarat pedang, waktu adalah peluang, waktu adalah berlian, dan lain-lain.” Banyak orang , menyadari akan pentingnya waktu dalam perjalanan hidup kita namun banyak juga orang yang lengah dan lupa akan hal ini.

Bahkan dalam Islam pun disebutkan bahwa “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal kebajikan, dan saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran”.

Detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun sepanjang 2014 telah kita lewati. Sebagai insan yang diberikan amanah oleh Yang Maha Pencipta, tentunya setiap pergantian waktu menjadi sebuah perenungan atau introspeksi bagi diri kita masing-masing, apa yang sudah kita lakukan untuk diri kita?

Ya..untuk diri kita, bukan untuk orang lain. Ketika kita melakukan kebaikan, maka kebaikan pula yang akan kita terima. Dan saat kita melakukan keburukan maka keburukan pula yang akan kita terima. Tidak ada yang luput satu urusan pun melainkan DIA pasti melihatnya.

Dalam konteks kita sebagai insan Gapura Angkasa, maka kita pun semua juga harus mengevaluasi diri. Amanah yang diberikan, baik sebagai pejabat atau staff, atasan atau bawahan, hendaknya dijalankan dengan sebaik-baiknya. Setiap sumpah yang diucapkan maka menjadi janji yang harus ditepati. Bersikap adil sebagai pejabat, adil sebagai karyawan, maka niscaya hubungan industrial dapat berlangsung harmonis dan tercipta suasana kerja yang nyaman.

Tumbuhkan rasa percaya (trust) dalam membangun dan mengembangkan perusahaan, bersinergi dengan integritas tinggi antara manajemen dan serikat pekerja tentunya akan membuahkan kesejahteraan bersama.

Di penghujung tahun 2014 kita sudah mentuntaskan sebuah pedoman hubungan kerja antara manajemen dan serikat pekerja (SIPERKASA), yaitu Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang berlaku 01 Januari 2015 hingga 31 Desember 2016. Yang menandakan kesejahteraan karyawan berubah menjadi lebih baik bahkan cukup signifikan. Semua komponen kesejahteraan yang ada pada penggajian atau upah menjadi naik. Transport, lembur, tunjab, uang makan, extra voding, shift allowance, license, cuti dan yang tidak masuk ke dalam slip penggajian seperti SPPD, dan lainnya. Di dalam PKB itu sendiri terdapat kewajiban dan hak bagi karyawan dan manajemen yang harus dipenuhi dan dilaksanakan.

Dengan membaiknya kesejahteraan, sudah sepatutnya karyawan bertambah produktivitasnya. Hubungan bottom-up atau top-down jangan sampai ada gab yang merusak keharmonisan hubungan industrial. We are a team, semua lini saling menopang dan berkontribusi.

Siperkasa sebagai organisasi serikat pekerja senantiasa mengawal kesejahteraan anggota dan fungsi pengawasan terhadap manajemen. Kini Manajemen dan Siperkasa telah menyepakati PKB yang baru untuk tahun 2015-2017.

PadaIMG_261540714212638 kesempatan ini Ketua Umum Siperkasa Edi Lesmana menyampaikan pesan,” Saya mengucapkan terima kasih atas kesolidan dan kekompakan para karyawan Gapura, baik yang pegawai tetap maupun PKWT dan OS yang mendukung Siperkasa dalam mengawal kesejahteraan seluruh insan Gapura. Satu hal yang Siperkasa harapkan ke depan yaitu keuangan organisasi secara  mandiri tanpa bantuan dari manajemen, dan ini akan mempengaruhi besarnya iuran anggota. Hal ini akan kita diskusikan dalam Rakernas Siperkasa ke depan.” demikian disampaikan Ketum Siperkasa saat wawancara jarak jauh karena sedang melaksanakan pembahasan juknis PKB di Bogor.

IMG_260855465815338Sementara itu Sekjen Siperkasa Romi Fahjana dalam kesempatan yang sama menyampaikan pesan, “Buat segenap karyawan/anggota kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015, semoga di tahun 2015 menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya dan apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud adanya”.

meAdapun Ketua SP CGK Arief Supriyadi mengatakan “Sebuah perusahaan akan kuat manakala terjalin hubungan yang baik antara pengusaha dan pekerja dalam mencapai misi perusahaan. Semoga di tahun 2015 ini hal tersebut dapat terwujud lebih baik lagi”

Dengan Tahun Baru 2015 yang dimulainya PKB yang baru pula, kita tumbuhkan semangat baru dalam berkarya. Semoga segala tantangan di tahun 2015 ini dapat teratasi dengan mudah hingga Gapura Angkasa menjadi perusahaan ground handling yang besar.

Salam Solidaritas !!!

This entry was posted in Info Siperkasa. Bookmark the permalink.

One Response to Tahun Baru, PKB Baru, Semangat Kerja Baru

  1. aris says:

    Wah …Bang Roma makin eksis … Terima Kaih Pak Ketua beserta pengurus SP pusat maupun cabang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *