Sharing Session ITF di Rakernas XVII

SP NEWS – Jakarta. Di tengah-tengah rapat pleno Rakernas berlangsung, panitia kedatangan tamu dari International Transportation woroker’s Federation (ITF), Ms. Jacqueline Tuwanakotta, yang juga sebagai Sekjend IKAGI (Ikatan Awak Kabin Garuda). Wanita yang sudah 23 tahun aktif sebagai pramugari ini dipercaya sebagai Chairman of Civil Aviation Asia Pacific.

Jacqueline memaparkan tentang pentingnya terbentuk federasi serikat pekerja bandara. Paguyuban Pekerja Bandara se-Indonesia (Pagjabsi) yang sudah terbentuk dari gabungan pekerja di bandara baik statusnya pegawai tetap maupun outsourching yakni SIPERKASA, IKAGI, GEBUK (Gerakan Buruh Katering), Pekerja Cleaning Bandara dan lainnya, agar ditingatkan menjadi Federasi sebagai lembaga formal yang menjadi kekuatan bernegosiasi.

Sebagai pramugari, beliau juga memberi gambaran bahwa pramugari itu juga buruh, “Kami ini juga buruh, buruh udara. Teman-teman adalah buruh darat. Dan kami tidak bisa bekerja di udara tanpa support dari teman-teman cleaning service, pasasi. Untuk itu kita perlu bersatu untuk menjaga eksistensi pekerja dan kesejahteraan para pekerja di bandara,” terang Jacqueline.

Memperhatikan kepesertaan wanita di kepengurusan SIPERKASA yang masih dianggap sedikit, sebagai Pengurus wanita di ITF yang membawahi kawasan Asia Pacific, Jacqueline berencana akan memberikan pelatihan tentang peranan wanita di organisasi serikat. Apalagi beliau melihat karyawan Gapura di unit pelayanan mayoritas adalah wanita. Begitu pula pada perusahaan-perusahaan lainnya di bandara.

This entry was posted in Info Siperkasa, popular. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *