Pembukaan Rakernas XV SIPERKASA

SP NEWS – CISARUA. Pergelaran agenda tahunan Siperkasa berupa Rapat Kerja Nasional (Rakernas) terselenggara pada 14 hingga 16 Nopember 2″017 di Hotel Grand Ussu Cisarua yang diikuti 21 Cabang ditambah 3 Perwakilan dengan peserta sebanyak 39 Pengurus Siperkasa se-Indonesia.

Rakernas yang merupakan amanah dalam Anggaran Dasar Siperkasa Pasal 25 bahwa Rapat Kerja Nasional yang merupakan forum evaluasi, konsultasi dan informasi diadakan 1 tahun sekali yang dipimpin oleh Pengurus Serikat Pekerja Pusat dan dihadiri utusan Pengurus Pusat, Cabang dan  Perwakilan.

Hadir dalam pembukaan yaitu Direktur Utama Gapura Angkasa, Sucipto yang didampingi oleh VP Personalia, RM Taufik. Dan dalam event penting ini pun dihadiri oleh Koordinator International Transport workers’ Federation (ITF) Mr. Erin Vander Maas, para Serikat Pekerja yang tergabung Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Sinergi dan Aliansi Serikat Pekerja Bandara Soekarno-Hatta. Di antaranya yaitu SPASI (SP Aerotrans), Sekar Sejahtera(SP ACS), GEC (GMF Employee Club), IKAGI (Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia), Sekarpura II (SP Angkasa Pura II) dan SP Cleaning Service Bandara Soetta Term.1 dan 2.

Pembukaan yang diawali dengan pengukuhan para Ketua Serikat Cabang se-Indonesia hasil Musyawarah Cabang yang sudah dilaksanakan beberapa waktu sebelum Rakernas. Dari 21 cabang yang dikukuhkan, sebanyak 12 orang merupakan Ketua Cabang baru. Acara pengukuhan dengan pembacaan sumpah jabatan dipimpin oleh Ketua Umum Siperkasa Edi Lesmana.

Dengan mengusung tema Rakernas XV yaitu Tumbuhkan Semangat Baru untuk BERAKSI (Bersama, Aspiratif, Kreatif, Solutif, Inspiratif), Ketua Panitia Arief Supriyadi menjelaskan, “Dengan cukup banyaknya Ketua Siperkasa Cabang yang baru, tentunya muncul semangat baru dalam organisasi serikat”.

Arief menambahkan, “Sebagai pengurus serikat, janganlah kita diam, namun harus beraksi. Beraksi selain bermakna bergerak atau beramal, namun juga mengandung arti dari perpanjangan kata tersebut yaitu, Bersama, harus terbentuk soliditas sesama anggota juga sinergi dengan manajemen. Aspiratif, hendaknya pengurus membuka jalur aspirasi, masukan atau saran dari anggota dan memberikan masukan ke manajemen. Kreatif, hendaknya  pengurus serikat memiliki ide-ide baru untuk mengembangkan organisasi. Solutif, senantiasa berupaya untuk berkontribusi dalam memberikan solusi terhadap permasalahan anggota maupun perusahaan. Dan Inspiratif, hendaknya pengurus serikat dapat memberikan inspirasi kepada anggota agar termotivasi dalam tugas dan tanggungjawab.

Ketua Umum Siperkasa Edi Lesmana dalam sambutannya berharap dengan dikukuhkannya para pengurus baru hasil muscab, agar selalu peduli dan perhatian terhadap permasalahan anggota dan bersinergi dengan manajemen cabang masing-masing. Edi juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan Serikat Pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja BUMN Sinergi serta Serikat Pekerja Cleaning Service Bandara Soekarno-Hatta Terminal 1 & 2. “Saya berterima kasih atas rekan-rekan di Federasi BUMN, terutama Serikat Cleaning Service Bandara Soetta yang menyempatkan diri hadir di sini, tentunya dengan semangat ingin adanya perubahan yang lebih baik ke depannya bagi para pekerja di bandara,” ujar Edi Lesmana.

Koordinator ITF (International Transport workers’ Federation) Erin Van Der Maas dalam sambutan bahasa Inggrisnya mengatakan bahwa tantangan cukup berat bagi serikat pekerja bandara dengan berlakunya sistem perburuhan yang berlaku di Indonesia yang juga berlaku global dunia. Maka harus ada soliditas dalam serikat untuk dapat bernegosiasi secara baik dengan manajemen.

Sambutan terakhir dibawakan oleh Direktur Utama Gapura, Sucipto yang juga sekaligus membuka Rakernas Siperkasa. Dengan mengambil 4 sifat Nabi Muhammad SAW, Direktur Utama Gapura mengatakan, “Sebagai Pengurus Serikat, hendaknya memiliki 4 hal, yaitu shiddiq, artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya. Amanah artinya benar-benar bisa dipercaya. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Fathonah artinya cerdas. Dan Tabligh artinya menyampaikan.

Akhir dari sambutannya, Dirut Gapura didampingi Ketua Umum Siperkasa Edi Lesmana, Koordinator ITF Erin Van Der Maas dan VP Personalia RM Taufik melakukan tiga kali pemukulan gong pertanda diresmikannya Rakernas Siperkasa XVI.

Selanjutnya audience diberi kesempatan untuk sesi tanya jawab dengan Direksi dan VP Personalia yang dipandu oleh Bendahara Umum Siperkasa RM Arief Mulyana.

Dan ditutup dengan photo bersama. Bahkan tiga tokoh tersebut mengambil kesempatan untuk photobooth bersama yang disediakan panitia.

This entry was posted in Info Siperkasa, popular. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *