Team Kerja seperti Keluarga

20141125_053638

Hairil Anwar

Dedicated dari Thai Airways terdiri atas check-in counter dan boarding gate, yang mempunyai peran dan tugas masing-masing. Meskipun begitu, kami juga harus selalu saling membantu dan menutupi jika salah satu dari kami melakukan kesalahan. Terutama di boarding gate yang merupakan filter terakhir sebelum pesawat berangkat.

Team dari Thai Airways dikomandani  oleh Account Officer  Arief Supriyadi yang bertugas mengawasi semua kegiatan di lapangan, dan berkodinator dengan para supervisor, dimana supervisor dari check-in counter yaitu Meita Sari,Syafrida Rizal,Siti Khoiriyah dan Linda Harviani. dan supervisor yang bertugas di Boarding gate yaitu Oleh kuswandi, Surti dan Dyah Ayu.

IMG_20160323_101459Check-In counter adalah tempat pertama yang akan didatangi penumpang,dimana Thai Aiways memiliki 8 Counter, yaitu 1 Counter Customer Servis, 2 Counter Business Class, 1 Counter Gold Member, dan 4 Counter Economy Class. Kami sebagai staff check-in counter  bertugas memeriksa dokumen dari penumpang yang ingin berangkat, dimana hal ini merupakan hal sangat berat dan menantang bagi staff check-in counter itu sendiri karena kesalahan dalam pengecekan dokumen bisa berakibat fatal sehingga bisa menyebabkan denda yang amat besar, sehingga staff dari check-in counter haruslah teliti dan telaten dalam pengecekan dokumen penumpang yang ingin berangkat, mulai dari tiket, passport dan visa. Selain itu juga harus mempunyai insting yang kuat jika menemukan accilum seaker yang berusaha mencari suaka dan para penumpang yang berusaha memalsukan dokumennya. Selain dokumen, staff Check-in counter juga memberikan Label pada tas penumpang yang ingin dimasukkan sebagai check in Luggage. Dan memberikan pelayanan seperti seat yang diinginkan, memberikan Lounge apabila itu adalah penumpang Business Class, pemegang kartu Platinum dan Gold.

IMG_20160323_101949Setelah Check-In penumpang akan ke boarding gate untuk masuk ke pesawat, disinilah para staff boarding gate berperan. Dimana setiap penumpang yang akan masuk ke Boarding Gate akan diperiksa satu persatu kecocokan nama di Boarding Pass dengan Passport yang dipegang oleh penumpang, apabila ditemui nama penumpang di Boarding Pass dan Passport tidak cocok maka staff akan langsung melaporkan ke supervisor, dan Supervisor Baording Gate akan melaporkan Hal tersebut ke Check-in Counter. Staff boarding Gate juga bertugas memastikan semua penumpang telah masuk pesawat, Sehingga boarding Gate harus teliti dalam perhitungan jumlah penumpang yang masuk pesawat. Karena Boarding Gate merupakan Filter terakhir, semua staff harus konsentrasi dalam melakukan tugas masing-masing.

Kami dari dedicated Thai Airways dari Check-in Counter maupun Boarding gate selalu bekerja seperti keluarga, dan saling membantu dalam hal apapun. Tanpa keluarga kecil ini kami tidak akan mampu melakukan peran dan tugas kami masing-masing dengan baik.

Artikel  ini saya buat dengan sebaik-baiknya agar bermanfaat dan berguna bagi para pembaca, dan saya berterima kasih kepada AO saya Arief supriadi karena berkat bimbingan dan dorongan yang beliau berikan sehingga artikel dapat saya buat dengan baik.

This entry was posted in Info lainnya, Safety Security Service. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *